• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL MEMORISASI BERBANTUAN FLASH VIDEO TEKNIK CONCEPT MAPPING (PETA KONSEP) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Erna Fitrahyanti_1_15.pdf (423.3Kb)
    Date
    2013-08-21
    Author
    Erna Fitrahyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan suatu ilmu yang ditujukan untuk mempelajari semua gejala alam. Pendidikan di Indonesia sejauh ini masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional yang didalamnya terdapat metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Salah satu inovasi untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar adalah dengan menerapkan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif dan efisien, guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang penerapan model memorisasi berbantuan tehnik concept mapping (peta konsep) yang didasarkan pada landasan teori pembelajaran konstruktivis. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Memorisasi berbantuan flash video teknik concept mapping (peta konsep) dalam pembelajaran fisika di SMA ?, (2) Adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model Memorisasi berbantuan flash video teknik concept mapping (peta konsep) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMA ?. Secara umum tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Memorisasi berbantuan flash video teknik concept mapping (peta konsep) dalam pembelajaran Fisika di SMA, (2) Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model Memorisasi berbantuan flash video teknik concept mapping (peta konsep) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X tahun ajaran 2011/2012. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan uji-t untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa dari 69,6% meningkat menjadi 78,4 % dan secara klasikal sebesar 74,5 %. Untuk hasil belajar siswa diperoleh data pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung = 2,744 dan nilai t tabel =1,993 sehingga t hitung > ttabel , maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha ) diterima. Jadi model memorisasi dengan tehnik concept mapping (peta konsep) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika di SMA. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Memorisasi berbantuan flash video teknik concept mapping (peta konsep) termasuk dalam kriteria aktif. Persentase rata-rata aktivitas siswa dari tertinggi hingga terendah pada masing-masing indikator dapat diurutkan sebagai berikut: membuat peta konsep, aktif membuat sensori image pada peta konsep, aktif mencermati materi pada flash video, membuat catatan kaki tentang apa yang ada pada flash video, dan merecall materi dengan kegiatan tanya jawab, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran Memorisasi berbantuan flash video teknik concept mapping (peta konsep) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/804
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository