Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorBachtiar, Rayendra Wahyu
dc.contributor.authorMaulidiyah, Rizky
dc.date.accessioned2017-07-19T02:57:38Z
dc.date.available2017-07-19T02:57:38Z
dc.date.issued2017-07-19
dc.identifier.nimNIM120210102123
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80374
dc.description.abstractFisika merupakan cabang IPA yang mempelajari fenomena-fenomena tentang alam, hasil pemikiran dan eksperimen (Lestari, 2014: 60). Dalam proses pemahaman konsep IPA memiliki empat unsur utama yaitu sikap, proses, produk dan aplikasi. Empat unsur tersebut harus dimunculkan dalam suatu proses pembelajaran. Namun fakta dilapangan berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan beberapa guru fisika di SMA Jember bahwa unsur sikap ilmiah masih belum dijadikan tujuan utama dalam pembelajaran. Sedangkan tujuan mata pelajaran fisika menurut badan standar nasional pendidikan (2006: 160) adalah mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan hipotesis melalui percobaan, menguasai konsep fisika, percaya diri serta memupuk sikap ilmiah. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran IPA yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai. Pembelajaran fisika perlu dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup (BSNP, 2006: 159-160). Namun kenyataanya, keterampilan belajar dan pembelajaran yang berpusat pada siswa telah banyak dikembangkan, tetapi kurang maksimal dalam pengaplikasiannya terbukti dengan hasil observasi peneliti dibeberapa sekolah SMA di Jember bahwa model pembelajaran yang digunakan guru masih banyak yang melalui ceramah meskipun pada materi tertentu ada yang dilaksanakan secara inkuiri ilmiah. Pemilihan model maupun teknik pembelajaran yang tepat merupakan inovasi dalam pembelajaran dengan harapan dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Upaya yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. viii Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengaruh yang diharapkan dari penelitian ini adalah sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Pakusari yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas X-1 sampai X-7. Dokumentasi yang digunakan sebagai data uji homogenitas adalah nilai ulangan harian materi fisika listrik dinamis semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang homogen akan dilakukan uji cluster random sampling terhadap 7 kelas untuk diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian adalah kelas X-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa dan X-7 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Dalam penelitian ini, materi pembelajaran yang digunakan adalah suhu dan kalor dengan pokok bahasan suhu dan kalor, pemuaian, asas black, dan perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian melalui uji independent sample t-test menyatakan bahwa rata-rata rata-rata sikap ilmiah siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini juga didukung dengan skor sikap ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata skor sikap ilmiah kelas eksperimen sebesar 82,94 dan rata-rata skor sikap ilmiah kelas kontrol sebesar 79,90. Sedangkan Hasil uji independent sample t-test menyatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal tersebut juga didukung dengan hasil belajar psikomotor memiliki skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,52 dan kelas kontrol sebesar 71,11. Selain itu rata-rata hasil belajar kognitif siswa (post-test) kelas eksperimen sebesar 77,16 dan rata-rata skor post-test kelas kontrol sebesar 65,50. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMAN Pakusari, serta Ada pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika di SMA Pakusari.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102123;
dc.subjectModel Ikuiri Terbimbingen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMAN Pakusarien_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record