Pengembangan paket soal berdasarkan TIMSS 2015 mathematics framework untuk mengukur kemampuan Berpikir kritis siswa SMP kelas VII
Abstract
sebagai bekal hidup. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran wajib dalam
sekolah merupakan sarana tepat untuk melatih berpikir kritis siswa melalui latihan
soal. TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) merupakan
salah satu survey internasional yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan
pembelajaran Matematika yang terdiri dari dimensi konten dan kognitif. Di dalam
soal TIMSS 2015 Mathematics Framework terdapat indikator soal dengan level
reasoning yaitu soal dengan indikator analisis, sintesis, evaluasi, generalisasi,
menyimpulkan dan menjustifikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
paket tes dan memperoleh hasil pengembangan paket soal berdasarkan TIMSS
2015 Mathematics Framework untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa
SMP kelas VIII. Proses pengembangan paket tes disesuaikan dengan model 4D
yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Setiap paket tes terdiri dari 10
butir soal uraian untuk mengukur kecakapan berpikir kritis analisis, interpretasi,
evaluasi, inference, dan regulasi diri. Dimensi konten yang dikembangkan ialah
bilangan, aljabar, gemetri, data dan peluang. Kriteria penskoran berdasarkan
langkah IDEALS (Identify, Difine, Enumerate, Analyze, List, Self-Correct)
dengan respon tes berupa politomus ordinal skor 1-5.