• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penyelesaian Masalah Penjadwalan Flowshop Dengan Algoritma Iterated Greedy dan Algoritma Social Cognitive Optimization

    Thumbnail
    View/Open
    Irman Efendi - 121810101001.pdf (1.615Mb)
    Date
    2017-07-10
    Author
    Efendi, Irman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penjadwalan merupakan pengalokasian sumber daya yang terbatas untuk sejumlah pekerjaan. Adapun tujuan dari penjadwalan produksi yaitu meminimasi makespan. Salah satu bentuk penjadwalan adalah penjadwalan flowshop. Penjadwalan flowshop adalah penentuan urutan job yang memiliki lintasan yang sama. Penelitian ini menggunakan beberapa data yaitu data sekunder dan data simulasi. Data sekunder yang digunakan adalah data produksi sepatu UD. Duta Kulit Laila (2014). Penelitian ini menyelesaikan masalah penjadwalan flowshop dengan algoritma Iterated Greedy dan algoritma Social Cognitive Optimization. Selain untuk mengetahui hasil dari penerapan kedua algoritma tersebut dalam menyelesaikan masalah penjadwalan flowshop, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan kedua algoritma berdasarkan hasil makespan, tingkat kecepatan kekonvergenan dan running time. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah, pengambilan data kemudian melakukan penjadwalan menggunakan kedua algoritma. Langkah selanjutnya adalah membandingkan hasil dari kedua algoritma berdasarkan nilai makespan, tingkat kecepatan kekonvergenan dan running time sehingga dapat disimpulkan dari perbandingan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, algoritma Iterated Greedy memiliki efisiensi yang lebih baik ditinjau dari nilai makespan yang diperoleh dari algoritma Social Cognitive Optimization. Hasil makespan optimal yang diperoleh dari masing-masing algoritma yaitu 1508 menit untuk data (8 job, 8 mesin), hal ini menunjukan kedua algoritma tersebut memiliki tingkat efektifitas yang sama, tetapi untuk data ix simulasi algoritma Iterated Greedy menunjukan nilai makespan yang lebih baik daripada algoritma Social Cognitive Optimization. Berdasarkan dari tingkat kecepatan kekonvergenan algoritma Iterated Greedy memiliki efisiensi lebih cepat dalam menemukan suatu nilai dibandingkan dengan algoritma Social Cognitive Optimization.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80303
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository