Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Banyuwangi Dalam Meningkatkan Jumlah Wisata Mancanegara Dan Wisata Nusantara Di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Pentingnya peranan pariwisata dalam pembangunan ekonomi di berbagai negara sudah tidak diragukan lagi. Indonesia dengan keberagaman budaya merupakan tempat yang menarik bagi wisatawan sebagai alternatif tujuan wisata. Wisatawan yang datang berkunjung merupakan sumber devisa negara yang dapat meningkatkan pendapatan negara dan masyarakat di lokasi objek wisata. Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai kabupaten yang kaya akan kebudayaan dan obyek wisata. Dalam hal ini maka peran dinas kebudayaan dan pariwisata Banyuwangi ingin menjadikan salah satu sebagai tujuan utama tempat berwisata.
Disbudpar kabupaten Banyuwangi optimis dengan adanya pengembangan dan Upaya dalam meningkatkan jumlah wisatawan melalui promosi (promotion mix) Keempat promosi (promotion mix) terdiri dari periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), pemasaran langsung (direct marketing), dan hubungan masyarakat (public relation). Promosi secara besar-besaran dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke obyek wisata di wilayah Kabupaten Banyuwangi.
Kabupaten Banyuwangi secara geografis terletak di ujung timur Pulau Jawa, berdekatan dengan daerah tujuan wisata Pulau Bali dan merupakan pintu gerbang masuknya wisatawan ke Pulau Bali dari arah barat. Banyuwangi mempunyai kekayaan sumber daya manusia, hayati dan non hayati serta sumber daya alam potensial yang merupakan modal untuk dimanfaatkan secara optimal melalui penyelenggaraan kepariwisataan yang ditujukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sebagai pendukung pendapatan nasional