• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ermika Cahya Widayanti_1_17.pdf (409.8Kb)
    Date
    2013-08-21
    Author
    Ermika Cahya Widayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari data hasil observasi awal kelas VII B SMP Negeri 2 Balung, ditemukan ketuntasan hasil belajar fisika siswa rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VII B dari 36 siswa hanya 25% yang mendapatkan nilai ≥ 71. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dengan indikator aktivitas belajar siswa meliputi : (1) mengerjakan soal di depan kelas , (2) mengajukan pertanyaan, (3) mengerjakan tugas (4) mencatat diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 28,47 %. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Balung. Model pembelajaran POE adalah model pembelajaran yang bersifat konstruktivis karena siswa diberi kebebasan memikirkan persoalan fisika yang diajukan dan siswa mencoba membangun pengetahuanya sendiri lewat berpikir (predict), praktik (observe) dan mencari penjelasannnya (explain). Pembelajaran ini mencerminkan kegiatan belajar yang sesuai dengan hakikat fisika yang terdiri dari aspek produk, proses, dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika, peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dan proses meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Balung Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VII B SMP Negeri 2 Balung yang dimulai tanggal 22 November 2011 semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari data hasil analisis aktivitas belajar didapatkan bahwa besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 39,82%, pada siklus 1 mencapai 66,41% yang dapat dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 26,59% dan pada siklus 2 mencapai 80,56% yang dikategorikan aktif dengan peningkatan sebesar 40, 74%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus adalah sebesar 19,44%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 69,44% dan pada siklus 2 sebesar 83,33%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Normalized Gain pada siklus 1 dibanding pra siklus sebesar 0,49 dan siklus 2 dibanding pra siklus sebesar 0,54 peningkatan tersebut tergolong sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Proses dalam meningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) yaitu dengan melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan permasalahan lalu siswa mempraktikkan dan mencari penjelasan. Dari tahap-tahap model pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) tersebut siswa akan lebih termotivasi sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Proses meningkatkan ketuntasan hasil belajar meningkat karena penyelesaian persoalan tersebut diperoleh dengan siswa melakukan eksperimen dan melalui proses ilmiah meliputi membuat prediksi, mengumpulkan data, menganalisis data, dan merumuskan kesimpulan. Sehingga siswa lebih mengingat materi yang diberikan dan siswa dengan mudah dalam mengerjakan soal yang diberikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/803
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository