• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Generative Learning pada Pembelajaran Fisika di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Erma Karlina - 090210102077.pdf (1.269Mb)
    Date
    2017-07-07
    Author
    Karlina, Erma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala dan kejadian alam yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Salah satu tujuan pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah agar siswa menguasai konsep dan prinsip fisika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari ratarata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih meprihatinkan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan di kelas seperti model pembelajaran yang berpusat pada guru. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu memunculkan keterlibatan langsung siswa secara aktif dan bermakna untuk mengamati dan membuktikan suatu konsep fisika melalui percobaan, sehingga menambah rasa ingin tahu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan fisika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran generatif (Generative learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berdiskusi siswa selama menggunakan model pembelajaran generatif (Generative learning) dan mengkaji hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Generatif (Generative learning) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada tanggal 10 April sampai 10 Mei 2016. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kemudian menggunakan metode nilai rata-rata ulangan materi sebelumnya untuk menentukan sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji kedua hipotesis penelitian tersebut adalah Uji Independent Sample T-test (uji parametrik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berdiskusi siswa pada mata pelajaran fisika selama menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) yang terdiri dari 7 aspek seperti lafal, bahasa, struktur bahasa, kelancaran berbicara, hubungan isi dengan topik, memberikan pendapat, dan menanggapi pendapat orang lain memiliki nilai dengan kriteria baik. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig.(1-tailed) < 0.05, yaitu 0.001, maka H0 ditolak, Ha diterima. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: keterampilan berdiskusi siswa pada mata pelajaran fisika selama menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) memiliki mengalami peningkatan dari baik menjadi sangat baik dan hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) pada pembelajaran fisika di SMA lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran yang digunakan di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80287
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository