Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pengunjung Roxy Square Jember
Abstract
Berkembangnya pusat perbelanjaan saat ini membuat selera masyarakat
dalam berbelanja meningkat, terutama di bidang fashion. Kenyataan ini
menyebabkan banyak bermunculan pusat perbelanjaan yang menyediakan
berbagai jenis produk fashion baik untuk pria dan wanita. Pusat perbelanjaan yang
menarik di kota Jember adalah Roxy Square Jember. Roxy Square Jember
menyediakan berbagai produk fashion yang bervariasi sesuai dengan tren masa kini
dan selera konsumen, sehingga akan memunculkan sifat hedonis, lifestyle dan
impulse buying.
Berdasarkan hal tersebut, variabel independen yang digunakan dalam
penelitian ini ada dua, yaitu hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle.
Impulse buying sebagai variabel dependen. Penelitian ini betujuan untuk menguji
dan membahas pengaruh hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle
terhadap impulse buying produk fashion pada pengunjung Roxy Square Jember.
Penelitian ini merupakan explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan
hubungan antar variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
convenience sampling dan sampel yang digunakan sejumlah 98 responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian
ini diperoleh bahwa variabel hedonic shopping motivation mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap impulse buying produk fashion pada pengunjung
Roxy Square Jember. Shopping lifestyle mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap impulse buying produk fashion pada pengunjung Roxy Square Jember.