Show simple item record

dc.contributor.authorYUNITA ARIYULI
dc.date.accessioned2013-12-11T03:20:37Z
dc.date.available2013-12-11T03:20:37Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM080210204011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8010
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa di dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, pemberian tugas berupa latihan-latihan, serta guru tidak pernah memanfaatkan media pembelajaran. Hal tersebut berdampak terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa rendah sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas dinyatakan bahwa materi pecahan merupakan salah satu materi yang sulit dipahami siswa. Bertolak dari hal tersebut maka pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan yang tepat untuk diterapkan pada materi pecahan. Pembelajaran RME memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru melalui proses asimilasi dan akomodasi sehingga belajar lebih bermakna sedangkan peran guru sebagai fasilitator siswa dalam belajar. Berdasarkan hal di atas maka perlu dilaksanakan pembelajaran materi pecahan dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas 3 SDN Kebonsari 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah yaitu sebagai berikut: bagaimanakah penerapan pendekatan RME, bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan pendekatan RME serta bagaimanakah persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan RME. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah sebagai berikut: mendeskripsikan penerapan pendekatan RME, meningkatkan aktivitas siswa serta presentase ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 22 November-26 Maret 2012, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 3C SDN Kebonsari 04 Jember yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisa data deskriptif kualitatif serta analisa data kuantitatif. Penerapan pendekatan RME yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut: penyajian masalah kontekstual dengan memanfaatkan media di awal pembelajaran, siswa berkelompok mengerjakan masalah kontekstual tersebut dengan cara mereka sendiri, kelompok mempresentasikan hasil pengerjaan LKS di depan kelas kemudian dibahas bersama guru untuk mencapai bentuk matematika formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada setiap siklus pembelajaran dikategorikan sangat aktif dimana rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 84,54% sedangkan pada siklus II mencapai 88,28%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai tuntas pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90,24% sedangkan pada siklus II mencapai 92,31%. Berdasarkan hal tersebut maka pelaksanaan pembelajaran pada siklus II dimaksudkan untuk meyakinkan hasil atau pemantapan keberhasilan pembelajaran pada siklus I. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 3C SDN Kebonsari 04 Jember pada pokok bahasan pecahan. Saran yang dapat diberikan: bagi guru yang ingin menerapkan pendekatan RME, hendaknya memberikan bimbingan yang tepat dan menyeluruh pada saat siswa menyelesaikan LKS dengan menggunakan media, diskusi, presentasi, bertanya dan membuat kesimpulan serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat membuat LKS yang sederhana dan jelas sehingga mempermudah siswa untuk mengerjakannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204011;
dc.subjectpendekatan Realistic Mathematics Education, aktivitas dan hasil belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS III SDN KEBONSARI 04 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record