PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Proses  belajar  fisika  cenderung  berpusat  pada  guru  dan  membuat  siswa  lebih 
pasif  dalam  pembelajaran.  Untuk  mengatasi  masalah  tersebut  adalah  dengan 
menerapakan  Strategi  Pembelajaran  Active  Knowledge  Sharing.  Strategi 
pembelajaran  ini  terdiri  dari  4  tahapan,  antara  lain  membuat  pertanyaan  sesuai 
materi,  meminta  siswa  untuk  menjawab  pertanyaan  sesuai  pertanyaan,    siswa 
berkeliling untuk mencari jawaban teman  yang bisa menjawab pertanyaan yang 
tidak  diketahui  jawabannya,  pembahasan  oleh  guru.  Berdasarkan  analisis  data 
yang  dilakukan,  hasil  dari  penelitian  ini  adalah  (1)  terdapat  perbedaan  hasil 
belajar  yang  signifikan  antara  strategi  pembelajaran  Active  Knowledge  Sharing 
(AKS)  dengan  pembelajaran  konvensional  dalam  pembelajaran  fisika  kelas  VII 
A  SMP  Negeri  2  Kalisat  tahun  ajaran  2011/2012,  (2)  Aktivitas  belajar  siswa 
kelas  VII  A  SMP  Negeri  2  Kalisat  tahun  ajaran  2011/2012  selama  mengikuti 
pembelajaran  fisika  menggunakan  strategi  pembelajaran  Active  Knowledge 
Sharing (AKS) termasuk dalam kriteria aktif dengan persentase sebesar 73,73%. 
(3) Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) cukup efektif dalam 
pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Kalisat dengan persentase sebesar 51,92%,
