dc.contributor.author | Supriadi, B | |
dc.date.accessioned | 2017-05-08T02:16:12Z | |
dc.date.available | 2017-05-08T02:16:12Z | |
dc.date.issued | 2017-05-08 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80098 | |
dc.description | FKIP Universitas jember
Jl. Kalimantan 37 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video nyata berbasis Taman Nasional Baluran dan menyelidiki efektivitas penggunaan media video berbasis Taman Nasional Baluran terhadap keterampilan berpikir kreatif dan motivasi mahasiswa calon guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Borg and Gall (1979). Dalam pengujuan efetivitas dilakukan metode eksperimen yang menguji 1 kelas ekperimen dan 1 kelas kontrol. Sebanyak 60 mahasiswa calon guru ikut berpartisipasi dalam penelitian ini yang dibagi dalam dua kelas tersebut. Intrumen yang digunakan adalah lembar test untuk menguji kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan indikator: kefasihan, fleksibilitas, kebaruan dan originalitas. Sedangkan motivasi dilaukan observasi melalui skla likert. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan media video game berbasis Taman Nasional Baluran efektif dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif dan motivasi mahasiswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Penelitian Hibah Pemula 2016 | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Penelitian Hibah Pemula;2016 | |
dc.subject | Keterampilan berpikir kreatif | en_US |
dc.subject | Taman Nasional Baluran | en_US |
dc.subject | Video berbasis Taman Nasional Baluran | en_US |
dc.title | Efektivitas Real Life Video IPA Berbasis Taman Nasional Baluran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa | en_US |
dc.type | Other | en_US |