UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS X IPA 4 DI MAN 2 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil
belajar kognitif fisika siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching di
kelas X IPA 4 MAN 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X IPA 4 di MAN 2 Jember dengan
jumlah siswa 38 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model Kemmis dan Mc Tagart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus
dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan
menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar kognitif fisika siswa
dari kegiatan pra siklus hingga kegiatan siklus 2 telah mengalami peningkatan.
Perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 27,43%
dengan kategori kurang aktif, namun skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada
siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 67,36% dengan
kategori cukup aktif, jumlah peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar
39,93% dan perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar
79,29% dengan kategori aktif, jumlah peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar
dari siklus I ke siklus II sebesar 11,93%. Adapun perolehan skor rata-rata kelas
pada prasiklus sebesar 51,36 dan mengalami peningkatan pada siklus I sebesar
25,91 sehingga diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 77,27, dan jumlah
peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 3, sehingga perolehan skor rata-rata kelas
pada siklus II sebesar 80,27. Perolehan nilai N-gain pada siklus I sebesar 0,53
dengan kategori sedang, dan pada siklus II sebesar 0,59 dengan kategori sedang.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil
belajar kognitif fisika siswa kelas X IPA 4 MAN 2 Jember menggunakan dengan
model pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan.