Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorTitik Sugiarti
dc.contributor.authorSILVIA, Yuniar
dc.date.accessioned2017-03-29T01:57:40Z
dc.date.available2017-03-29T01:57:40Z
dc.date.issued2017-03-29
dc.identifier.nim120210204021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79910
dc.description.abstractHasil observasi yang dilakukan terhadap guru kelas V saat pembelajaran Matematika di SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember pada tanggal 2 Februari 2016, guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember masuk dalam kategori rendah. Hal ini berdasarkan data dokumentasi nilai siswa pada ulangan Matematika materi sebelumnya dimana hanya terdapat 34,78% siswa di kelas yang telah mencapai KKM (KKM ≥ 65). Berdasarkan uraian di atas maka dilakukan penelitian dengan penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Harapan kedepan dengan melakukan penelitian menggunakan pendekatan CTL pada mata pelajaran Matematika yaitu agar dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelas, pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih bermakna karena siswa berperan aktif dalam pembelajaran, serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3 yaitu mencakup bagaimanakah penerapan, peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pendekatan CTL materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas V SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini dilakukan di SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember sejak tanggal 20-30 Mei 2016 yang terdiri atas 2 siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 1 pertemuan. Hasil belajar siswa didapat dari tes akhir siklus yang dilaksanakan hari sabtu tanggal 21 Mei 2016 dengan waktu 15 menit pada siklus I dan hari jumat tanggal 27 Mei 2016 dengan waktu 15 menit pada siklus II. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan model penelitian Hopkins. Dalam penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 23 orang, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan dengan menerapkan Pendekatan CTL pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Pada pelaksanakan siklus I muncul berbagai kendala dalam pelaksanaannya, antara lain dari faktor internal dan eksternal siswa. Faktor eksternal yang terjadi pada siswa yaitu meliputi fasilitas yang disediakan sekolah seperti viewer dan alat bantu lainnya dan faktor internal yang terjadi pada siswa saat penelitian yaitu minat dan motivasi dalam diri anak yang terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, siswa masih kurang konsentrasi, ada yang suka menggangu teman, ada juga yang tidak mau berkelompok, sehingga menghambat pelaksanaan penelitian. Oleh karena itu dilakukan perbaikan pada siklus II dengan cara memperbaiki pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hal-hal yang diperbaiki pada siklus II yaitu menjelaskan materi dengan cara mengajak siswa lebih aktif dan memberi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi, sehingga pada pelaksanaan siklus II dapat berjalan lebih baik dan hasil yang diperoleh lebih maksimal. Perbedaan yang terlihat pada pelaksanaan siklus I dan siklus II yaitu pada peningkatan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa, kedisiplinan siswa lebih terlihat, serta pelaksanaan kegiatan pembelajaran berjalan lebih lancar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada kelas V SDN Dukuhdempok 03 Wuluhan Jember. Hal ini terlihat dari skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,18% dimana persentase aktivitas siswa pada siklus I 60,09% menjadi 71,27% pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,04 dari 66,78 menjadi 76,82. Saran dari penelitian ini, sebaiknya guru membangun pengetahuan siswa tentang pengertian pecahan, macam-macam pecahan khususnya pecahan senilai dan senama, dan KPK dimana hal tersebut merupakan syarat untuk materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENDEKATAN CTLen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SDN dUKUH Dempok03 Wuluhan Jember Tahun 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record