Penggunan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IPS 1 pada Kompetensi Dasar Konsep Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)
Abstract
Proses pembelajaran yang terjadi di sekolah tidak hanya dilakukan oleh satu 
pihak, tetapi juga didukung oleh beberapa komponen yang saling terkait dan 
berhubungan. Terdapat beberapa komponen yang dapat mempengaruhi proses 
pembelajaran, di antaranya adalah guru, siswa, sarana, dan media yang tersedia serta 
faktor lingkungan. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran 
adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran 
ekonomi. Adanya kondisi tersebut perlu dicari alternatif untuk dapat mengatasi 
masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Alternatif pemecahan 
masalah tersebut adalah dengan menggunakan multimedia interaktif. Pelaksanaan 
multimedia interaktif yiatu dapat digunakan oleh guru maupun siswa, berisi materi 
yang disajikan melalui power point berupa teks dan gambar, kuis interaktif dan juga 
video, dan mudah dioperasikan atau digunakan, sehingga dapat meningkatkan 
motivasi dan hasil belajar siswa. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk 
meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 semester genap SMA 
Negeri 1 Gambiran Banyuwangi pada kompetensi dasar konsep pasar dan 
terbentuknya harga pasar melalui penggunaan multimedia. Analisis data dalam 
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus 
yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, 
metode wawancara dan metode dokumen. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui 
bahwa penelitian tindakan kelas tentang penggunaan multimedia interaktif untuk 
meningkatkan motivasi dan hasil  belajar siswa kelas X-IPS 1 pada kompetensi dasar 
konsep pasar dan terbentuknya harga pasar (studi kasus di SMA Negeri 1 Gambiran 
Kabupaten Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2015/2016). Skor motivasi 
belajar siswa sebelum menerapkan multimedia interaktif sebesar 1,4, sedangkan skor 
aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 1,95, dan skor pada siklus II sebesar 2,45 
yang masuk dalam kategori tinggi.  
Penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran ekonomi khususnya 
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan 
multimedia interaktif memiliki ketuntasan klasikal belajar sebesar 63,6%, pada siklus 
I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 78.123%, dan pada siklus II 
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 84,375%. Hasil belajar siswa kelas 
X-IPS 1 di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi mengalami peningkatan 
setelah penerapan multimedia interaktif. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring 
dengan peningkatan motivasi belajar siswa. 
Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka saran yang dapat peneliti berikan 
yaitu bagi guru, hendaknya terus meningkatkan dan memvariasi model pembelajaran 
yang diterapkan di kelas dan bagi sekolah, lebih meningkatkan fasilitas sekolah 
terutama media elektronik guna menunjang proses pembelajaran di sekolah serta 
lebih meningkatkan perhatian terhadap motivasi siswa dalam belajar karena dapat 
mempengaruhi hasil belajar siswa.
