PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI TK PGRI BHAKTI LESTARI KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi dari kata
kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan dan
perasaan kepada orang lain menggunakan bahasa lisan sehingga orang lain yang
mendengarkan dapat memahami apa yang disampaikan.
Berdasarkan hasil observasi di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari
Kabupaten Jember, kemampuan berbicara anak kelompok B tergolong masih rendah,
dari 20 anak tercatat 18 anak yang kemampuan berbicaranya masih kurang. Hal
tersebut terlihat ketika guru mengaukan pertanyaan anak masih kesulitan untuk
menjawab pertanyaan guru dan ketika guru meminta anak untuk menceritakan
pengalamannya didepan kelas anak-anak masih bingung dengan kata-kata yang akan
di ucapkan, sehingga anak menjadi kurang percaya diri bila berbicara di depan teman
temannya.
Metode bercerita menggunakan media gambar seri merupakan metode yang
disampaikan secara lisan untuk menyampaikan suatu pesan, informasi, atau sebuah
dongeng belaka dalam bentuk cerita yang menarik menggunakan rangkaian gambar
yang menghubungkan suatu peristiwa.
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini
sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan metode bercerita menggunakan media
gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK
PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2015/2016 ? 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri di TK PGRI Bhakti
Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan penerapan metode bercerita
menggunakan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak
kelompok Kelompok B di TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; 2) meningkatkan kemampuan berbicara pada
anak kelompok B melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri di TK
PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di TK PGRI Bhakti Lestari Kabupaten Jember.
Subjek Penelitian adalah kelompok B yang terdiri atas 20 anak. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Penerapan metode bercerita menggunakan media gambar seri dilakukan di
dalam kelas kelompok B. Terdapat 2 siklus, yakni siklus I menggunakan metode
bercerita menggunakan media gambar seri dengan tema gejala alam banjir dan siklus
II dengan tema gejala alam hujan. Tahapan pertama pembukaan dengan bercakap
cakap, guru bercerita menggunakan media gambar seri, menyimpulkan isi
cerita,melakukan tanya jawab, dan anak meceritakan kembali isi cerita dengan
pengucapan kata,isi cerita sesuai dengan peristiwa atau keadaan pada media gambar
seri.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak
kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I
diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara anak sebesar 62,08 dan siklus II
sebesar 81,6. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
bercerita menggunakan media gambarsri dapat meningkatkan kemampuan berbicara
anak kelompok B TK PGRI Bhakti Lestari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember
tahun pelajaran 2015/2016.