PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BATIK MURNI DAN ARTIS DI KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Batik Murni dan Artis adalah sebuah toko batik yang terletak di lokasi industri ”Kampung Batik Jetis” tepatnya di Jalan Jetis Gang III No.122 Kelurahan Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo Kota, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek (X1), harga (X2) dan kualitas produk (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dan calon pelanggan produk Batik Murni dan Artis yang datang dan melakukan pembelian dalam kurun waktu yang ditentukan peneliti dan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, dimana peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: 1) variabel citra merek (X1) berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) Batik Murni dan Artis , 2) variabel harga (X2) berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) Batik Murni dan Artis, 3) variabel kualitas produk (X3) berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) Batik Murni dan Artis, 4) variabel citra merek (X1), variabel harga (X2) dan variabel kualitas produk (X3) berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y) Batik Murni dan Artis. Variabel yang paling lemah pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel kualitas produk. Pelanggan merasa produk Batik Murni dan Artis cepat luntur warna batiknya. Hal ini mengindikasikan produk yang dihasilkan Batik Murni dan Artis kurang tahan lama dalam segi pewarnaan. Variabel yang paling kuat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel harga. Pelanggan merasa harga yang ditetapkan Batik Murni dan Artis sesuai dengan kualitas produk yang dimiliki. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor harga batik yang terjangkau dan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pelanggan dapat membuat pelanggan menjadi puas. Variabel citra merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat dari jawaban masingmasing item pertanyaan yang diajukan kepada responden dalam bentuk kuesioner. Item pertanyaan seperti “produk populer”, “produk memiliki kualitas baik”, “berpenampilan menarik”, “mudah ditemukan”, dan “mudah diingat” telah mendapat nilai positif di benak pelanggan.