• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DESAIN SIMULASI KENDARAAN DENGAN PENYIMPAN ENERGI UDARA TEKAN

    Thumbnail
    View/Open
    ABSTRAK_DosenPemula_AndiS_2015.pdf (57.87Kb)
    Date
    2017-03-15
    Author
    Setiawan, A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan model kendaraan dengan menggunakan energi dari udara bertekanan tinggi yang disimpan dalam tabung dan digunakan untuk memutar pneumatic motor yang menjadi penggerak utamanya. Model kinetik kendaraannya adalah model yang sama dengan model yang dikembangkan pada beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, hal mendasar yang membedakannya adalah adanya engine yang menggunakan energi yang didapatkan dari udara tekan. Simulasi dilakukan untuk mengamati dinamika sistem kendaraan ini untuk bergerak di urban area dan rural area. Pemodelan dan pengamatan juga dilakukan pada sistem pengisian udara tekan untuk dapat menghitung jumlah energi yang diinvestasikan untuk menekan udara dengan volume 340 liter sampai pada tekanan 300 bar. Hasil simulasi dan perhitungan menunjukkan bahwa sistem kendaraan ini dapat mengatasi jalur-jalur urban dengan dinamika dan jarak tempuh yang adalah komperatif dengan sistem kendaraan konvensional maupun sistem kendaraan alternatif yang lain, khususnya untuk mengatasi sudut tanjak pada jalur rural dengan bervariasi level jalan. Pada jalur urban yang datar, mobil dengan penggerak udara tekan ini dapat menempuh jarak lebih 70 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang perbandingan mobil ini, fuel economy dengan mile per gallon equivalent (MPG) juga disajikan dalam penelitian ini. Mobil dengan penggerak udara tekan ini dapat mencapai nilai MPG 44.7, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan mobil konvensional tipikal yaitu sebesar 50 MPG.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79681
    Collections
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula [260]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository