PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN RI DI SDN KEBAMAN 06 BANYUWANGI
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama untuk mengembangkan sumber daya
manusia dan masyarakat suatu bangsa. Salah satu cara atau alternatif untuk mencapai
tujuan pendidikan tersebut adalah dengan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan dengan
guru kelas dan siswa kelas VI SDN Kebaman 06 Banyuwangi pada tanggal 20 Juli
2016, diperoleh informasi bahwa; 1) penggunaan metode pembelajaran masih belum
maksimal; 2) aktivitas belajar siswa secara klasikal masih dalam kategori cukup yaitu
sebesar 62,17 ; 3) hasil belajar siswa secara klasikal masih dalam kategori cukup
yaitu sebesar 66,28. Kurang maksimalnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan
oleh metode pembelajaran yang dilaksanakan masih belum maksimal, oleh karena itu
dilakukan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran kooperatif tipe
NHT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas VI pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan RI di
SDN Kebaman 06 Banyuwangi semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran
PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan RI di SDN Kebaman 06 Banyuwangi
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017.