REGISTER PENDIDIKANPADA TUTURAN GURU DALAMPROSESPEMBELAJARAN DISD NEGERI YOSOWILANGUN KIDUL 01 KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Register adalah variasi bahasa yang menyangkut penggunaan bahasa untukkeperluan dan yang berhubungan dengan suatu bidang kegiatan atau profesi tertentumisalnya, bidangpertanian, kesehatan, pendidikan. Register bidang pendidikan dapatditemukan dalam pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 KabupatenLumajang. Register pendidikan menarik untuk dikaji karena dalam prosespembelajaran penggunaannya sangat bervariasi.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah register pendidikanyang digunakan oleh guru di dalam menjelaskan pelajaran pada proses pembelajarandi SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (2) Bagaimanakahregister pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam memberikan perintah padaproses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang,(3)bagaimanakah istilah-istilahbidangpendidikanpada tuturan guru dalamyangprosespembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Sesuaidengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1)register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam menjelaskan pelajaran padaproses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (2)register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam memberikan perintah padaproses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. (3)Istilah-istilahbidangpendidikanpada tuturan guru dalamyangproses pembelajaran
di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Rancangan yang
ix
digunakan pada penelitian ini adalah rancangan kualitatif. Jenis penelitian ini adalahpenelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat danistilah,dalam bahasa lisan guru yang merupakan fenomena register.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa register pendidikan pada tuturan gurudalam menjelaskan pelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 KabupatenLumajang dapat ditemukan padakegiatan menyampaikan informasi, yang ditandaioleh penggunaan penanda waktu, (sekarang, hari ini, bulan depan, besok);kegiatanmenerangkanyang ditandai oleh penggunaan kata-kata kesimpulan (jadi), kata-katayang menunjukkan urutan kegiatan, (pertama, setelah itu), dan kata-kata penandacontoh/ilustrasi (contoh, misalnya);kegiatan memberikan motivasi yang ditandai olehkata-kata prasyarat (kalau) dan kata ganti orang (kamu, kalian);kegiatan mengajukanpendapat pribadi yang ditandai oleh penggunaan kata ganti orang (Ibu guru).Register pendidikan pada tuturan guru dalam memberikan perintah ditandai olehpenggunaan imbuhan –kan. Istilah- istilah bidang pendidikan pada tuturan gurudalam proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 KabupatenLumajang terdiri atas limakategori yang meliputi, istilah dalam lingkup materi atauisi pelajaran, nama matapelajaranatau bidang pembelajaran, komponen pendidikan,sarana pembelajaran atau alat pembelajaran, dan istilah dalam lingkup kegiatanpembelajaran.
Berdasarkan pemaparanmengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebutdikemukakan saran kepada beberapa pihak yaitu (1)mahasiswa Program StudiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan membaca hasil penelitian iniuntuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat diangkat sebagai bahan diskusidalam matakuliah sosiolinguistik dan microteaching, (2) guru sekolah dasardisarankan membaca hasil penelitian sebagai pertimbangan dalam memilih istilah-istilah yang tepat dalam mendukung proses pembelajaran di kelas,dan (3)penelitiselanjutnyadisarankanuntuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yanglebih meluas dan membandingkan register pendidikan yang berfokus pada karakteristik register yang digunakan pada berbagai jenjang.