• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS III SDN SUKAMAKMUR 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yosep Ferry Agung - 110210204019_.pdf (1.959Mb)
    Date
    2017-03-10
    Author
    AGUNG, Yosep Ferry
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamakmur 02 Jember sejak tanggal 23 Januari 2016 sampai 31 Mei 2016 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 31 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I terdiri atas tiga pertemuan, namun hasil pembelajaran pada siklus I tidak memenuhi indikator keberhasilan penelitian, sehingga perlu dilaksanakan siklus II terdiri atas dua pertemuan guna memperbaiki kegiatan pembelajaran pada siklus I. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72%, kemudian meningkat menjadi 87% pada siklus II; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71, kemudian meningkat menjadi 81 pada siklus II. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas III SDN Sukamakmur 02 Jember. Saran dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta meningkatkan ketuntasan belajar siswa yang rendah, diperlukan adanya kajian mengenai pengadaan berbagai media pembelajaran guna memudahkan siswa SDN Sukamakmur 02 Jember dalam mengikuti pembelajaran, serta bagi peneiliti lain sebelum melaksanakan siklus I, sebaiknya peneliti berkodinasi dengan guru kelas agar pembelajaran dapat berjalan dengan tertib sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79622
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository