Show simple item record

dc.contributor.advisorJekti Prihatin
dc.contributor.advisorPujiastuti
dc.contributor.authorRAHAYU, Ayuni Puji
dc.date.accessioned2017-03-09T04:47:18Z
dc.date.available2017-03-09T04:47:18Z
dc.date.issued2017-03-09
dc.identifier.nim120210103071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79589
dc.description.abstractTemuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas X-6 SMA Negeri 1 Pakusari Jember nilai siswa pada mata pelajaran biologi terdapat 70,96% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung berorientasi pada buku teks dan berpusat pada guru. Rendahnya kualitas pembelajaran salah satunya disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung berorientasi pada buku teks dan berpusat guru serta kurang memberikan kesempatan kepada siswa terlibat dalam proses mengembangkan keterampilan berpikir mereka. Padahal untuk memahami suatu soal yang bersifat analisis dan memberikan jawaban yang bervariasi diperlukan keterampilan berpikir kreatif. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengkombinasikan berpikir logis dan berpikir divergen. Melihat permasalahan tersebut, perlu adanya pembelajaran yang menuntut siswa terlibat secara aktif dan berpikir kreatif dalam memahami konsep-konsep biologi. Pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif harus berangkat dari pembelajaran yang membuat siswa aktif. Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) dengan Word Webs di kelas X-6 SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral Kemmis-Mc. Taggart. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliput: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai terjadi peningkatan yang diharapkan tercapai. Terdapat dua siklus pada penelitian ini, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk tes akhir siklus. Jika pada siklus I hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran siklus II yang diterapkan sama dengan siklus sebelumnya namun sudah dilakukan perbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) dengan Word Webs pada pokok bahasan ekosistem. Keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II. Hasil penelitian dari keterampilan berpikir kreatif pada pra siklus sebesar 35 poin, pada siklus I meningkat sebesar 27,86 poin menjadi 62,86 poin dan pada siklus II meningkat sebesar 10,64 poin menjadi 73,50 poin. Pada hasil belajar, ketuntasan hasil belajar kognitif pra siklus sebesar 29%, pada siklus I meningkat sebesar 48% menjadi 77% dan pada siklus II meningkat sebesar 4% menjadi 81%, sedangkan untuk hasil belajar afektif pada pra siklus sebesar 50 poin, pada siklus II meningkat sebesar 16,4 poin menjadi 66,4 poin dan siklus II meningkat sebesar 15,1 poin menjadi 81,5 poin Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) dengan Word Webs pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectGroup to Group Exchange (GGE)en_US
dc.subjectWord Websen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DENGAN WORD WEBS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Pakusari Jember Pokok Bahasan Ekosistem)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record