Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan di Puskesmas Nganjuk Kabupaten Nganjuk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kepuasan pasien unit rawatjalan di Puskesmas Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Sesuai dengan amanat undang-undang Pemerintah wajib memberikan sarana dan prasarana kesehatan. Kesehatanmerupakan kenutuhan mendasar yang harus dimiliki oleh manusai untuk melakukanaktifitasnya. Kesetanan juga merupakan salah satu factor agar tercapainyapembangunan nasionsal.
Pemerintah dalam hal kesehatan telah menyediakan rumah sakit, puskesmasdan posyandu sebagai sarana dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat.Puskesmassebagai salah satu lembaga milik Pemerintah mempunyai tujuan untuk memberikanpelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Penelitian ini diadakan di KabupatenNganjuk karena di sana belum ada Puskesmas yang pernah mendapatkan ISO. Lokasipenelitian di Puskesmas Nganjuk karena Puskesmas Nganjuk merupakan Puskesmasterbaik di Kabupaten Nganjuk hal ini dapat dilihat dari perolehan penghargaan padatahun 2014 memperoleh penghargaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuksebagai juara 1 tingkat Kabupaten. Pada akhir 2015 memperoleh penghargaan tingkatProvinsi Jawa Timur sebagai Juara 1 Puskesmas berprestasi Kategori Perkotaan.
Dalam memberikan pelayanan salah satu tujuan utama pemerintah adalahuntuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Menurut Napitupulu(2007:174)”prinsip kepuasan masyarakat dalam proses pelayanan jasa public olehpemerintah sebagai service provider sangat penting karena hanya dengan memenuhikebutuhan pelanggan secara memuaskan , keberadan pemerintah itu diakui danmendapat legitimasi dan kepercayaan dari rakyatnya”. Dari pernyataan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kepuasan masyarakat. Analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis.Skor harapan dan persepsipasien yang mempunyai nilai tertinggi adalah harapan pasien pada dimensiResponsive masing-masing sebesar 232 untuk harapan dan untuk persepsi pasien 235.Rata-rata kepuasan pasien unit rawat jalan Puskesmas Nganjuk yaitu sebesar 101%.Nilai rata-rata kepuasan tersebut diperoleh dari perbandingan antara harapan pasiendengan persepsi yang diterima, digunakan sebagai acuaan untuk menentukan apakahatribut yang mewakili dimensi sudah memuaskan atau belum memuaskan. Dari penelitian yang telah dilakuakan ditemukan bahwa ada 1atribut yang berada di kuadran A yaitu tentang kondisi lahan parkir yang aman danmemmadahi. Atribut ini dapat diaktakan belum memuaskan karena mempunyai skortingkat kesesuaia yang rendah dari nilai rata-rata keseluruhan tingkat kesesuaian.