dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah pertama mengkaji pengaruh model
pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan representasi verbal fisika
siswa di SMA. Kedua mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery
terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa di SMA. Ketiga
mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan
representasi gambar fisika siswa di SMA. Keempat mengkaji pengaruh model
pembelajaran Guided Discovery terhadap kemampuan representasi grafik fisika
siswa di SMA. Kelima mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Discovery
terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA
Negeri Pakusari. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random
sampling dan diperoleh kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai
kontrol.. Desain penelitian menggunakan post-test only control group. Nilai
kemampuan multirepresentasi diperoleh dari post-test dan aktivitas belajar siswa
diperoleh dari obeservasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis
Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 20.
Berdasarkan hasil analisis pada empat kemampuan representasi siswa
didapatkan bahwa keempat representasi yaitu representasi verbal, matematik,
gambar dan grafik pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih baik
dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian didapatkan empat
representasi yang memiliki nilai signifikansi (p) ≤ 0,05, sehingga model
pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan
multirepresentasi fisika siswa SMA Negeri Pakusari. Berdasrkan hasil analisis
pada aktivitas belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti
lebih kecil dari taraf nyata (α) 0,05. Hasil analisis tersebut menunjukkan nilai ratarata
aktivitas kelas eksperimen lebig baik dari keas kontrol, sehingga model
pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika
siswa SMA Negeri Pakusari.
Berdasarkan hasil analisis data, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah
model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan
representasi verbal fisika siswa di SMA. Model pembelajaran Guided Discovery
berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa di SMA.
Model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap kemampuan
representasi gambar fisika siswa di SMA. Model pembelajaran Guided Discovery
berpengaruh terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa di SMA. Selain
itu, model pembelajaran Guided Discovery berpengaruh terhadap aktivitas belajar
fisika siswa di SMA. | en_US |