• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN TEGALGEDE 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Risa Dwi Naila Rizqi - 120210204075_.pdf (1.840Mb)
    Date
    2017-03-09
    Author
    RIZQI, Risa Dwi Naila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 03 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model Suharsimi Arikunto yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, tes, wawancara dan dokumen. Rata-rata ketercapaian aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi pada pra siklus menunjukkan persentase yaitu sebesar 48,4% (tergolong kategori cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 72,3 % (tergolong kategori aktif), dan pada siklus II meningkat menjadi 80,7% (tergolong kategori aktif). Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yaitu sebesar 62,6% (tergolong kategori cukup baik), pada siklus I meningkat menjadi 73,4 % (tergolong kategori baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 81,3% (tergolong kategori sangat baik). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegalgede 03 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini adalah Pembelajaran IPS dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran siswa yang aktif dan kreaktif yang dapat diterapkan oleh guru untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79556
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository