• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA SEHAT ITU PENTING KELAS VA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    NUR FITRI AMALIA - 130210204133_.pdf (3.564Mb)
    Date
    2017-03-08
    Author
    AMALIA, Nur Fitri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Temuan Penelitian menunjukkan dengan menggunakan media gambar proyektor dapat meningkatkan sikap peduli siswa, melalui diskusi kelompok dengan mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dapat meningkatkan kerjasama siswa, dengan diterapkannya sistem mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban serta memberikan pendapat tentang kartu yang ditempel dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa, dengan penerapan 5 langkah pendekatan saintifik dapat meningkatkan sikap tanggap siswa, dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat mereview pemahaman siswa selama pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat, dengan pemberian nomor dada sesuai nomor absen dapat mempermudah observer dalam mengamati dan hasil yang diperoleh lebih efektif, dengan pengelompokkan lebih dari 6 siswa pembelajaran menjadi kurang kondusif. Jika ranah afektif (sikap) siswa sangat baik, maka ranah kognitif, dan ranah psikomotor siswa juga akan baik, sedangkan jika hasil belajar ranah kognitif sangat baik, maka belum tentu ranah afektif, dan ranah psikomotornya juga baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA tema sehat itu penting di SD Muhammadiyah 1 Jember. Saran bagi guru kelas, yaitu dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi kepala sekolah, dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. bagi peneliti, dapat dijadikan pengalaman mengajar. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan referensi dan dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan materi yang lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79541
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository