dc.description.abstract | Keberhasilan suatuproses pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar yangdiperoleh peserta didik. Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik, banyakdijumpai layanan Lembaga Bimbingan Belajar swasta (nonformal) di sekitarmasyarakat. Kehadiran lembaga bimbingan belajar tersebut diharapkan dapatmembantu peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutanakademis, sosial, dunia kerja, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yangdimilikinya. Pelayanan bimbingan belajar di luar sekolah diharapkan mampu berjalansecara terpadu dengan program pengajaran yang ada di sekolah. Begitu halnya padaLembaga Bimbingan Belajar DELTA Jember, dimana pada lembaga bimbinganbelajar berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta didik agardapatmemperoleh prestasi belajar yang maksimal.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalampenelitian ini adalahuntuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasibelajar siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dan sesudah mengikutibimbingan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar DELTA Jember tahun 2016.Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalahdidugaada perbedaan prestasi belajaryang signifikan antara siswa sebelum mengikuti bimbel dengan sesudah siswamengikuti bimbel di LBB Delta Jember tahun 2016.
Penelitian ini merupakanpenelitiankuantitatif. Penentuan lokasi penelitianmenggunakan metodepurposive areayaitu di Lembaga Bimbingan Belajar DeltaJember. Untuk menentukan populasi penelitian menggunakan metode purposive,sedangkan untuk menentukan jumlah responden dalam penelitian menggunakan metodepopulasiyaitu sebanyak55siswa yang mengikuti program regulerselama 1-2tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: kuesioner(angket), observasi, dokumen, dan wawancara.Analisis data yang digunakan yaituanalisis inferensialdengan menggunakanPaired SampelT-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajarsiswa sebelummengikuti bimbingan belajar dengan sesudah mengikuti bimbinganbelajar di LBB Delta Jember tahun 2016secara signifikan, sehingga HoditerimadanH ditolakyang artinya tidakada perbedaan yang signifikan antaraprestasi belajarsiswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dan sesudah mengikuti bimbinganbelajar di LBB Delta Jember. Hal tersebut dapat dilihat dari t
(11,718 >2,00488) danα= 0,025 > sig = 0,000 dengan nilai beda rata-rata sebesar-4,34545.
viii
hit
≥ t
Banyak dari siswa kelas XII di Lembaga Bimbingan Belajar Delta Jemberyang mengikuti program regularmengalami peningkatan prestasi belajar yang merekaperoleh. Hal tersebut dikarenakan dengan mengikuti bimbingan belajar di DeltaJember, para siswa tersebut diberikan pembelajaran yang lebih lengkap dan singkatmengenai materi pembelajaran yang diajarkandi sekolah, sehingga siswa menjadilebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan tersebut. Jadiprestasi belajar siswa mengalami peningkatan daripada sebelum ikut dalam LembagaBimbingan Belajar Delta Jember tersebut.
Adapun saran yang dapat diberikanbagi pihak Lembaga Bimbingan BelajarDelta Jember, yaitu untuk terus meningkatkan kinerja tentor pada bimbingan belajartersebut. Metode pembelajaran yang diterapkan juga harus lebih ditingkatkan lagi.Selain itu, untuk fasilitas yang ada di LBB Delta sebaiknya lebih ditingkatkan lagiterutama luas ruang kelas. Dan bagi siswa, untuk lebih meningkatkan belajar agardapat meningkatkan prestasi belajarnya. | en_US |