Show simple item record

dc.contributor.advisorSUHARTININGSIH
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.authorHAKIM, Lukman
dc.date.accessioned2017-03-07T07:41:26Z
dc.date.available2017-03-07T07:41:26Z
dc.date.issued2017-03-07
dc.identifier.nimNIM120210204108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79496
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran. Kekurangan yang ada pada siklus I yaitu pemilihan kata dan keberanian siswa dalam berbicara masih kurang. Pada siklus II guru melakukan tindakan perbaikan dengan menjelaskan hal-hal yang harus dikuasai saat berbicara. Guru memeberikan latihan-latihan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan metode demonstrasi adalah pada tahap prasiklus, siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 20 siswa dengan presentase 55,55%. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 26 siswa dengan presentase 72,22%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 31 siswa dengan presentase 86,11%. Saran bagi guru dan peneliti yang menerapkan metode demonstrasi, hendaknya benar-benar memahami kelemahan dan keberhasilan metode ini dalam setiap pembelajaran untuk dijadikan perbaikan dalam pembelajaran selanjutnya. Kepala sekolah hendaknya menginformasikan metode demonstrasi pada guru-guru untuk dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran bahasa Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204108;
dc.subjectMETODE DEMONSTRASIen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERBICARAen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SDN ANTIROGO 04 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record