• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG SISWA KELAS VA SDN MAESAN

    Thumbnail
    View/Open
    Lingga Chininta Diasti - 130210204048_.pdf (2.717Mb)
    Date
    2017-03-07
    Author
    DIASTI, Lingga Chininta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, tindakan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terbagi menjadi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Maesan Bondowoso pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Siklus I dilakukan dalam dua kali pertemuan (masing-masing 3×35 menit) dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada hari berikutnya. Siklus II dilaksanakan dalam satu kali pertemuan (3×35 menit) dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada hari berikutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi: pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta lembar tes hasil belajar. Penerapan model pembelajaran van Hiele dimulai dari fase informasi yang dilakukan dengan kegiatan mengamati gambar dan menggali pemahaman awal siswa. Fase orientasi bebas dilakukan dengan kegiatan menggambar, menggunting, merubah bentuk bangun, dan menghitung luas bangun. Fase penjelasan dilakukan dengan kegiatan presentasi kelompok. Fase orientasi bebas dilakukan dengan kegiatan mengerjakan tugas individu. Fase integrasi dilakukan dengan membuat kesimpulan terhadap materi luas trapesium dan layang-layang. Penerapan model pembelajaran van Hiele dilakukan dengan baik pada setiap siklusnya, terlihat dari hasil analisis aktivitas guru yang mencapai 95% (sangat baik) pada setiap siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar dan hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari 50,95% (cukup) pada siklus I menjadi 74,17% (baik) pada siklus II. Hasil belajar klasikal (skor rata-rata) meningkat dari 57 pada siklus I menjadi 74 pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79495
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository