dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMAN 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji
homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode
cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only
control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian 1 dengan menggunakan Independent-Sample T-test
dengan bantuan SPSS 20.
Berdasarkan nilai n-gain diperoleh bahwa kemampuan representasi verbal,
gambar, matematis, dan grafik adalah -4,17, -5,37, 15,56, 9,57. Dan hasil belajar
kelas eksperimen sebesar 81,12 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh angka 60,73.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) Kemampuan representasi verbal siswa dengan menggunakan model
pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami penurunan, (2) Kemampuan
representasi gambar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing di SMA mengalami penurunan, (3) Kemampuan representasi matematis
siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA
mengalami peningkatan, (4) Kemampuan representasi grafik siswa dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMA mengalami
peningkatan, (5) Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan
terhadap hassil belajar siswa di SMA | en_US |