PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN TAMAN 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Taman 2 Bondowoso
tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) model spiral Hopkins dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Penerapan media monopoli yang dapat meningkatkan keterampilan
berbicara pada siswa kelas IV SDN Taman 2 Bondowoso Tahun Pelajaran
2016/2017 dilakukan dalam siklus 1 dan silkus 2. Keberhasilan ini ditunjang
dengan pemberian bimbingan tentang pengucapan kata yang jelas, cara memilih
kata yang tepat dalam menjelaskan petunjuk penggunaan alat, dan memberi
penekanan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbicara.
Keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan media monopoli pada
siswa kelas IV SDN Taman 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 meningkat.
Hal ini dibuktikan dengan nilai keterampilan berbicara siswa pada prasiklus
sebesar 50, kemudian terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi 64, dan
meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 74.