• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Tentang Pengolahan Tebu Sebagai Energi Terbarukan untuk Membelajarkan IPA Terpadu dan Literasi Sains pada Mahasiswa Calon Guru Fisika

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak_DP_LailatulNuraini_2016.pdf (160.5Kb)
    Date
    2017-03-06
    Author
    Nuraini, L
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Jember memiliki potensi perkebunan tebu lokal yang cukup besar. Akan tetapi, keberadaan potensi lokal tersebut kurang dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada proses pendidikan. Pemanfaatan potensi lokal sebagai sumber belajar sangat relevan sebagai dasar penyusunan bahan ajar agar pembelajaran sains lebih kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hasil uji kelayakan dari pengembangan bahan ajar tentang pengolahan tebu sebagai energi terbarukan, mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar, peningkatan kemampuan penguasaan konsep IPA Terpadu dan kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Produk pengembangan berupa bahan ajar yang diuji coba dengan desain one group pretest-posttest design. Data yang dikumpulkan berupa data hasil validasi kelayakan bahan ajar yang meliputi validitas, keefektifan dan kepraktisan serta data respon mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif. Selanjutnya, data hasil tes penguasaan konsep dan literasi sains dianalisis menggunakan analisis Ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA Terpadu, bahan ajar mendapatkan respon positif oleh mahasiswa, terjadi peningkatan kemampuan penguasaan konsep sebesar 0,43 dalam kategori sedang dan peningkatan kemampuan literasi sains dengan N-gain sebesar 0,46 dan berada dalam kategori sedang. Kemampuan penguasaan konsep IPA terpadu dan literasi sains ini sangat penting dikuasai oleh mahasiswa agar mahasiswa mampu memahami keterpaduan pembelajaran IPA terpadu dengan konteks potensi lokal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79420
    Collections
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula [260]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository