• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI JURUSAN AKUNTANSI SMK PGRI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Angga Pristiwantoro - 110210301059_.pdf (1.338Mb)
    Date
    2017-03-03
    Author
    PRISTIWANTORO, Angga
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemanfaatan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan pustaka, tetapi dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pengetahuan yang dimiliki siswa akan mengalami peningkatan. Adanya pengetahuan yang luas berkaitan dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peran yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah, khususnya pada sekolah yang mengutamakan suatu keterampilan khusus, seperti pada SMK PGRI 5 Jember. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswakelas X Jurusan Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi SMK PGRI 5 Jember TahunAjaran 2015/2016. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK PGRI 5 Jember tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif .Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di di SMK PGRI 5 Jember. Untuk menentukan sample penelitian menggunakan metode sampling yaitu sebanyak 58 responden yang merupakan siswa kelas X Jurusan Akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK PGRI 5 Jember. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung = 231,699 > Ftabel = 4,013 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 80,5%. sedangkan sisanya yaitu 19,5% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79391
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository