PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA UD. ADI PUTRA UTAMA MOTOR HONDA KABUPATEN BONDOWOSO
Abstract
Keberadaan karyawan dalam suatu perusahaan memiliki kontribusi besar
bagi perkembangannya, sebab karyawan sebagai perencana sekaligus pelaksana
dari segala aktifitas perusahaan sehingga tanpa karyawan mustahil suatu
perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh motivasi dan kemampuan terhadap kinerja karyawan bagian
pemasaran
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research), karena penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan hubungan kausal
(sebab-akibat) antar variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Penelitian ini dilakukan di UD. Adi
Putra Utama Motor Kabupaten Bondowoso. Populasi dalam penelitian ini adalah
karyawan bagian pemasaran yang tercatat aktif sebanyak 47 karyawan. Besar
sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Analaisis data
menggunakan analisis Regresi Linier berganda, teknik ini digunakan untuk
mengetahui pengaruh keseluruhan variabel bebas dengan variabel terikat.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi dan kemampuan kerja
terhadap kinerja karyawan bagian pemasaran. Hal ini didasarkan pada nilai t
hitung motivasi (X1) sebesar 2,759 dan kemampuan (X2) sebesar 3,190 lebih
besar dari ttabel = 2,01537, sehingga motivasi (X1) dan kemampuan kerja (X2)
berpengaruh terhadap kinerja. Hasil Uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung =
25,166 lebih besar nilai Ftabel = 3,21, artinya ada pengaruh secara bersama-sama
motovasi (X1) dan kemampuan (X2) terhadap kinerja. Penghitungan analisis
regresi menghasilkan persamaan regresi Y= 0,692+ 0,373X1+ 0,425X2, Sementara
koefisien determinasi (R2) setelah disesuaikan didapatkan nilai R adjustnya
sebesar 0,512 menunjukkan bahwa variabel motivasi (X1) dan kemampuan (X2)
memberikan kontribusi sebesar 51,2% terhadap kinerja (Y). Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh secara motivasi (X1) dan kemampuan (X2)
terhadap kinerja karyawan bagian pemasaran UD. Adi Putra Utama Motor
Kabupaten Bondowoso.