• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK MULTI PENGGERAK BERBASIS FUZZY NEURAL NETWORK

    Thumbnail
    View/Open
    abstrak dan eksekutive_Suprihadi_HB-2016.pdf (319.2Kb)
    Date
    2017-02-01
    Author
    Prasetyono, S
    Prasetyono, D.K
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan multipenggerak mobil listrik memegang peranan yang sangat penting pada mobil listrik karena kendaraan jenis ini membuat kinerja mobil lebih efektif dan efisien. Kondisi ini semakin kompleks ketika mobil listrik dijalan raya dengan kondisi lalulintas yang padat dan beban pengguna yang bervariasi, mengakibatkan mobil listrik seringkali bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan. Dengan kecepatan mobil dan beban yang seringkali berubah-ubah maka dengan satu motor listrik sebagai penggerak mobil akan semakin membutuhkan banyak energi listrik untuk menstarting motor. Bila keadaan ini tidak segera diatasi maka daya baterai akan segera habis. Hal ini akan membuat kinerja mobil tidak efisien, yang mengakibatkan keadaan yang tidak nyaman bagi pemakai mobil listrik. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya digunakan multimotor sebagai penggerak mobil litrik. Target khusus dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mengembangkan model kontrol mobil listrik multi penggerak yang berbasis Fuzzy Neural Network. Kecepatan dan beban yang berubah-ubah dipetakan dari model aliran daya listrik menjadi model dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (Neural Network) untuk proses sinkronisasi antar penggerak. Dengan menggunakan metode pelatihan menggunakan NN maka perbedaan kecepatan antar penggerak akibat beban fluktuatif yang digunakan oleh mobil listrik dapat segera diketahui, sehingga antar penggerak akan tetap sinkron tanpa ada selip kecepatan. Dengan demikian maka daya listrik dari baterai yang masuk ke dalam motor akan lebih efisien meskipun beban pada mobil listrik berubah-ubah saat perjalanan. Untuk menganalisis sinkronisasi antar penggerak berbasis kecerdasan buatan pada mobil listrik maka diperlukan suatu kontrol. Kontrol diperlukan untuk mengetahui perbedaan kecepatan antar penggerak terhadap perubahan beban. Ada tiga bagian dari input kontrol yaitu: tegangan, arus, dan variasi kecepatan. Penelitian ini diawali dengan membuat pemodelan dan simulasi menggunakan Matlab/Simulink yang diimplementasikan pada eksperimen skala laboratorium dengan menggunakan seperangkat Pengemudian Elektrik Set dengan beban sebagai representasi dari mobil listrik. Beban disimulasikan dengan kondisi umum dijalan raya meliputi starting, kecepatan konstan, turunan dan pengereman. Energi listrik disuplai dari baterai sebagai sumber energi utama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79227
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository