Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Dalam Mengenal Konsep Ukuran Besar dan Kecil Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Benda Nyata Di TK PGRI 03 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Perkembangan kognitif adalah perkembangan kecerdasan atau berpikir pada
pengetahuan anak. Salah satu cara anak agar proses belajar mereka memperoleh
kesempatan untuk mempelajari berbagai hal baru. Konsep pemahaman ukuran pada
anak sangat diperlukan karena tanpa adanya konsep pengukuran yang jelas anak akan
sulit dalam menentukan benda yang berukuran pendek dan benda yang berukuran
panjang, benda yang berukuran kecil dan benda yang berukuran besar.
Berdasarkan hasil observasi di TK PGRI 03 Kecamatan Tamanan Kabupaten
Bondowoso, kemampuan kognitif anak kelompok B tergolong rendah. Hal ini
disebabkan karena sekolah tersebut jarang melakukan kegiatan belajar mengajar
menggunakan media benda nyata.
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini
sebagai berikut: 1) bagaimanakah penerapan media benda nyata pada anak kelompok
B3 dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran besar dan kecil
menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK PGRI 03
Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 ?.
2) bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok B3 dalam mengenal
konsep ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media
benda nyata di TK PGRI 03 Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso
Tahun Pelajaran 2016/2017 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)
mendeskripsikan penerapan media benda nyata anak kelompok B3 dalam
meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran besar dan kecil menggunakan
x
metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK PGRI 03 Sukosari
Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017; 2)
meningkatkan kemampuan anak kelompok B3 dalam mengenal konsep ukuran besar
dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata di TK
PGRI 03 Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran
2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak
kelompok B TK PGRI 03. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I diperoleh
nilai rata-rata kemampuan motorik halus sebesar 62,7 dan siklus II sebesar 82.7.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan mengenal
konsel ukuran besar dan kecil menggunakan metode demonstrasi berbantuan media
benda nyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PGRI 03
Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2016/2017. Penerapan
kegiatan mengenal konsep ukuran besar dan kecil dalam pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan kognitif dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I kegiatan
membedakan ukuran gambar dari yang terkecil hingga yang terbesar dilaksanakan
dengan sub tema alat makanan dan minuman dilakukan dengan menjelaskan kepada
anak tentang macam-macam alat makanan dan minuman, sedangkan siklus II
kegiatan mengurutkan gambar benda sesuai dengan kegunaannya dilaksanakan
dengan sub tema kegunaan alat makanan dan minuman. Siklus II yang dilaksanakan
hampir sama dengan siklus I, tetapi pada siklus II dalam menjelaskan materi
diberikan reward untuk anak yang bisa menjawab pertanyaan dari guru
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ialah hendaknya guru
mencoba menerapkan kegiatan mengenal konsep ukuran besar dan kecil
menggunakan metode demonstrasi berbantuan media benda nyata untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak, dan juga menggunakan media benda nyata
dalam mengembangkan kemampuan yang lain pada anak.