Show simple item record

dc.contributor.authorSupeno
dc.contributor.authorHandono, S
dc.contributor.authorAstutik, S
dc.date.accessioned2017-01-24T04:22:26Z
dc.date.available2017-01-24T04:22:26Z
dc.date.issued2017-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79144
dc.descriptionFakultas IKP Universitas jember Jl. Kalimantan 37 Jemberen_US
dc.description.abstractKeterlibatan siswa dalam bernalar melalui kegiatan berargumentasi ilmiah merupakan komponen penting dari literasi sains. Namun demikian hasil studi PISA menunjukkan bahwa literasi sains, termasuk keterampilan berargumentasi siswa Indonesia masih rendah. Model pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya literasi sains siswa, termasuk keterampilan berargumentasi. Beberapa model pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran, di antaranya adalah model inkuiri, BSCS 5E, dan Argument Driven Inquiry, namun model-model tersebut memiliki beberapa kelemahan terutama untuk melatihkan keterampilan bernalar dan berargumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran beserta perangkat pendukungnya dengan mengintegrasikan lima pengalaman belajar pokok (5M) melalui pendekatan saintific yang dapat melatihkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan bernalar dan berargumentasi sehingga dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Target akhir dari penelitian ini adalah diperolehnya model pembelajaran dan perangkat pendukung model yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan valid secara isi dan konstruk. Hasil validasi pakar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid dan dapat digunakan untuk mendukung implementasi model. Hasil uji terbatas dan uji luas dalam pembelajaran fisika di SMK menunjukkan bahwa model terbukti praktis dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dan keterampilan berargumentasi.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Bersaing 2016en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Bersaing;2016
dc.subjectmodel pembelajaranen_US
dc.subjectargumentasi ilmiahen_US
dc.subjectfisikaen_US
dc.subjectsiswa SMKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI ILMIAH DAN MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMKen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record