PENGARUH CITRA DESTINASI NILAI PERSEPSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP CITY BRANDING MELALUI LOYALITAS WISATAWAN YANG BERKUNJUNG KE JEMBER
Abstract
City Branding merupakan sebuah proses pembentukan merek kota atau suatu daerah agar dikenal oleh target pasar dengan menggunakan ikon, slogan yang baik. Sebuah citra yang bagus akan menciptakan sebuah image yang positif pada suatu jasa atau layanan sehingga dapat mempengaruhi keputusan wisatawan yang akan berkunjung ke Jember. Penelitian dengan judul “Pengaruh Citra Destinasi, Nilai Persepsi, Dan Kualitas Layanan Terhadap City Branding Melalui Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung Ke Jember”, bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra destinasi, nilai persepsi, kualitas layanan terhadap City Branding melalui loyalitas wisatawan yang berkunjung ke Jember. Citra destinasi, nilai persepsi dan kualitas layanan akan berkaitan erat terhadap perkembangan City Branding disuatu daerah, agar memberikan gambaran pada sebuah daerah mengenai nilai tambah dan kepuasan kepada wisatawan terhadap City Branding yang telah dikembangkan pada suatu daerah
Populasi penelitian ialah seluruh wisatawan yang berkunjung ke Jember. Untuk penentuan sampel mengacu pada pendapat dari Ferdinand sebesar 90 responden. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Citra Destinasi, Nilai Persepsi, dan Kualitas Layanan sebagai variabel bebas, Loyalitas Wisatawan sebagai variabel antara, serta City Branding sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua jenis sumber data yang diambil adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner pada 90 responden yang ditentukan dengan teknik non probability sampling melalui pendekatan purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari arsip instansiatau laporan yang tersedia pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode analysis jalur untuk menguji pengaruh dengan menggunakan variabel dependen, intervening, dan independent.
Penjelasan dari hasil penelitian ini, dari ketujuh hipotesis yang diajukan, semua hipotesis dapat diterima serta memberikan sebuah gambaran bahwa citra destinasi, nilai persepsi dan kualitas layanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas wisatawan dan City Branding Jember