STRATEGI PROMOSI WISATA BEEJAY BAKAU RESORT (BJBR) Studi Kasus Wisata BJBR Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan staff marketing
and promotion untuk menarik perhatian wisatawan dan meningkatkan jumlah
kunjungan wisatawan yaitu memaksimalkan pemanfaatan periklanan, penjualan
secara pribadi, promosi penjualan, dan peran hubungan masyarakat (humas) melalui
penggunaan media cetak maupun media elektronik, serta serta menjalin hubungan
kerjasama dengan pihak eksternal dan internal. Pihak eksternal terdiri dari Dinas
Pariwisata Kota Probolinggo, hubungan pers/ media (elektronik dan cetak), dan
beberapa perusahaan travel, Honda, Indofood, serta beberapa pihak yang lain seperti
melibatkan masyarakat sekitar. Pihak internal yaitu seluruh karyawan wisata BJBR
yang memberikan pelayanan kepada pengunjung, dengan pelayanan yang baik akan
memberikan kesan baik bagi pengunjung wisata BJBR. Strategi pertama yaitu
pemanfaatan periklanan dengan menggunakan media cetak : penyebaran brosur,
banner, baliho, majalah, surat kabar, dan menggunakan media elektronik:
pemanfaatan saluran satelit atau Radio, serta menggunakan media internet:
Pemanfaatan web di Internet yaitu salah satu cara dengan mensponsori suatu
kegiatan atau acara. Strategi kedua, penjualan pribadi yaitu dengan mengisi acara
seminar. Strategi Ketiga, promosi penjualan yaitu dengan cara mengadakan eventevent,
memberikan potongan harga/diskon, memberikan hadiah, dan mengadakan
kontes. Strategi ke empat, pemanfaatan Humas dengan menjalin kerjasama dengan
Hubungan Pers (media massa), travel, dinas pariwisata, dan pemanfaatan media
internet seperti media sosial (facebook, twitter, instagram