PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA (Studi pada Materi Fluida di SMK Negeri 2 Jember)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran
berbasis proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar
fisika, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan
memanfaatkan lingkungan sekitar terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMK.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Penentuan sampel penelitian menggunakan
metode cluster random sampling setelah dilakukan uji homogenitas. Desain
penelitian menggunakan post-test only control group. Teknik pengumpulan data
meliputi tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data berasal dari
penilaian oleh peneliti, penilaian observer, dan post-test. Pengujian hipotesis
penelitian menggunakan analisis independent sample t-test dengan program SPSS 22.
Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil post-test. Hasil analisis
menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai t hitung 2,434 dengan
signifikansi (1-tailed) sebesar 0,009 dan diambil keputusan jika Ha diterima dan H0
ditolak, sehingga dapat dikatakan model pembelajaran berbasis proyek dengan
memanfaatkan lingkungan sekitar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika
siswa di SMKN 2 Jember. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa
kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 81,72 (termasuk kategori sangat tinggi) dan
kelas kontrol sebesar 76,58 (termasuk kategori tinggi). Hasil analisis data penilaian
proyek siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,20. Berdasarkan hasil analisis di atas
maka kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran berbasis proyek
dengan memanfaatkan lingkungan sekitar berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar fisika siswa di SMK Negeri 2 Jember; dan (2) Aktivitas belajar fisika
siswa di SMK Negeri 2 Jember dengan menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dapat dikategorikan sangat tinggi.