Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorWAHONO, Bevo
dc.contributor.authorPUSPITASARI, Mega Dwi
dc.date.accessioned2017-01-20T01:51:35Z
dc.date.available2017-01-20T01:51:35Z
dc.date.issued2017-01-20
dc.identifier.nimNIM120210103085
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78966
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan buku saku di kelas VII D SMP Negeri 1 Rowokangkung tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Hopskin yang berbentuk spiral. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir siklus. jika pada siklus I hasil belajar IPA Biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran yang diterapkan pada dasarnya hampir sama namun sudah ada perbaikan dari siklus sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan buku saku di kelas VII D SMP Negeri 1 Rowokangkung pada pokok bahasan Ekosistem. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada prasiklus sampai siklus II terjadi peningkatan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 20%, sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 56%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan baik aspek kognitif maupun afektif dalam pembelajaran IPA Biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan buku saku. Pada aspek kognitif, mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 7,7. Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,4, dan pada prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,1. Sedangkan pada aspek afektif menalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,8.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210103085;
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.subjectHASIL BELAJAR IPA BIOLOGIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN BUKU SAKU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII D SMP Negeri 1 Rowokangkung Lumajang)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record