MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Berdasarkan hasil analisis keterampilan proses sains siswa pada kelas
eksperimen dapat dikategorikan sangat baik. Selanjutnya adalah analisis kompetensi
pengetahuan siswa diperoleh nilai rata-rata kompetensi sikap siswa pada kelas
eksperimen sebesar 69,91 dan kelas kontrol sebesar 66,87. Adapun hasil kompetensi
pengetahuan berdasarkan hasil analisis independent sample t-test diperoleh ttest
sebesar 0,0105. Nilai signifikansi 0,0105 ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Selanjutnya analisis kompetensi sikap siswa. Kemudian adalah analisis kompetensi
sikap siswa diperoleh nilai rata-rata kompetensi sikap siswa pada kelas eksperimen
sebesar 70,86 dan kelas kontrol sebesar 50,00. Adapun hasil kompetensi sikap
berdasarkan hasil analisis Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05
maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis di atas maka kesimpulan
pada penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika
SMA dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan media
pictorial riddle dalam kategori sangat baik; (2) Model pembelajaran guided discovery
dengan media pictorial riddle berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi
pengetahuan siswa pada mata pelajaran fisika SMA; dan (3) Model pembelajaran
guided discovery dengan media pictorial riddle berpengaruh secara signifikan
terhadap kompetensi sikap siswa pada mata pelajaran fisika SMA.