PENGARUH LOKASI, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Battlenet Sumbersari Jember)
Abstract
Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat bisnis secara online bukan hal baru lagi. Kegiatan jual beli yang pada awalnya harus bertatap muka dan jarak jangkau relatif dekat, kini transaksi jual beli dapat dilakukan antar wilayah maupun antar negara dengan memanfaatkan jaringan internet. pemanfaatan jaringan internet yang digunakan sebagai penghilang kepenatan bagi sebagian orang yaitu situs game online yang merupakan kebutuhan primer bagi para gamer.
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Lokasi, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Battlenet Sumbersari Jember)”. Battlenet adalah salah satu warung penyedia jaringan internet yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi game online. Lokasi Battlenet berada di Jalan Jawa Square No.19 Jember. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Battlenet Jember.
Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu eksplanatory research atau penelitian penjelasan dengan tujuan untuk meneliti ada tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian yaitu keseluruhan pengguna jasa Battlenet saat diadakannya penelitian, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu 65 pelanggan sebagai responden. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 4 variabel yaitu Lokasi (X1), Kualitas Layanan(X2), Harga(X3), dan Kepuasan Pelanggan(Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yang merupakan interpretasi dari data data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Selain itu juga digunakan analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi, adapun tahap tahap pengujiannya adalah validitas, reliabilitas, normalitas data, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, normalitas data, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut, Y = 1,444 + 0,250X1 + 0,382X2 + 0,283X3. Dari hasil persamaan tersebut menunjukkan nilai koefisien seluruhnya positif maka hal ini berarti ketiga variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif sejalan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara parsial mempengaruhi variabel dependen kepuasan pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel lokasi, kualitas layanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,743 atau 74,3% dan sisanya 25,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.