PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B2 MELALUI MENGGAMBAR BEBAS DI TK ILMU AL-QUR’AN KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pemilihan dan penerapan menggambar yang tepat dalam proses peningkatan kreativitas anak usia dini diperlukan sebagai sarana penyampaian materi pada anak usia dini agar dapat diterima dengan baik dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif, sehingga kreativitas anak dapat meningkat. Berdasarkan hasil studi dokumentasi yang didapatkan di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, diketahui bahwa kreativitas anak kelompok B2 masih rendah. Sebanyak 60% dari 20 anak atau 12 anak memiliki kreativitas rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang efektif. Guru masih berfokus pada pemberian tugas yang ada di dalam majalah atau LKS dan kurangnya variasi dari media pembelajaran yang digunakan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan menggambar bebas untuk meningkatkan kreativitas anak. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah penerapan menggambar bebas dalam meningkatkan kreativitas anak, 2) bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui menggambar bebas pada anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan kegiatan menggambar bebas yang dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B2; 2) meningkatkan kreativitas anak kelompok B2 melalui menggambar bebas di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016.
Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an dengan jumlah anak 20 yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 20015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil tes kreativitas anak dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak kelompok B2 setelah diberikan tindakan dengan menerapkan kreativitas pada pembelajaran menggambar bebas. Diketahui nilai rata-rata hasil belajar anak pada siklus I pertemuan 1 sebesar 72,7 dengan kualifikasi baik dan pada pertemuan 2 sebesar 81,87 dengan kualifikasi Sangat Baik. Hasil tersebut sudah menunjukkan peningkatan sesuai harapan , namun untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I dan untuk mengoptimalkan kreativitas anak kelompok B2, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Nilai rata-rata pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 81,87. Hasil tersebut masuk dalam kualifikasi Sangat Baik.
Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kreativitas anak dalam pembelajaran menggambar bebas dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Saran yang berkaitan dengan penerapan kreativitas anak yaitu sebagai bahan masukan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.