Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, A.T
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorNURSEPTIANA, DIAN
dc.date.accessioned2017-01-18T04:35:39Z
dc.date.available2017-01-18T04:35:39Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nim120210201010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78855
dc.description.abstractPendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian manusia secara utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria, terampil dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk menciptakan anak didik yang berkualitas, diperlukan usaha yang integratifkomprehensif untuk mengelola lembaga PAUD, sehingga bisa mengembangkan potensi anak usia dini. Dalam kaitannya dengan hal itu, maka penelitian ini dikerucutkan pada pengelolaan lingkungan kelas. Dengan mengelola kelas secara baik dan benar, maka akan tercipta suasana belajar-mengajar yang kondusif, menyenangkan dan efektif sehingga dapat berdampak baik terhadap pencapaian prestasi belajar mengajar anak didik terutama pada pencapaian aspek-aspek perkembangan. Hasil penelitian Piaget (dalam Soemanto, 1998:130) menyatakan bahwa perkembangan intelektual atau kognitif atas dasar bahwa struktur intelektual terbentuk di dalam individu akibat interaksinya dengan lingkungan. Dan berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti rumusan masalah mengenai adakah hubungan antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 Antirogo Jember ?, Hal ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 Antirogo Jember, sehingga dapat memberikan manfaat bagi program pendidikan luar sekolah khususnya tentang manajemen kelas yang diterapkan di lembaga PAUD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pos PAUD Catleya 62 Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dipilih sebagai tempat penelitian dengan teknik purposive area. Selanjutnya, di Lembaga tersebut dilakukan penghimpunan data mengenai hubungan antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini pada peserta didik sebagai subjek penelitian utama dalam penelitian ini melalui teknik populasi. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi dan dokumentasi. Hasil pengamatan di atas selanjutnya dibuktikan melalui pengisian lembar observasi kepada 14 peserta didik yang dalam hal ini setiap lembar observasi terdiri dari 15 item pernyataan selanjutnya akan dilakukan proses scoring, tabulating, dan editing. Jika keseluruhan item pernyataan tersebut telah diterisi, maka akan dilakukan analisis data lebih lanjut menggunakan rumus korelasi tata jenjang. Adapun hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,847. Jika dikonsultasikan dengan harga rkritik sebesar 0,544 pada taraf kepercayaan 95%, akan menunjukkan bahwa rhitung ≥ rkritik, = 0,847 > 0,544 dan manajemen kelas memberikan sumbangsih sebesar 71,74% terhadap perkembangan kogntif anak usia dini. Berdasarkan indikator yang dijadikan pengukuran diketahui bahwa indikator pengelolaan ruang kelas memberikan sumbangsih sebesar 36,96% terhadap mengingat dan sebesar 40,06% terhadap memecahkan masalah, selain itu pengelolaan peserta didik memberikan sumbangsih sebesar 79,38% terhadap mengingat, dan sebesar 80,10% terhadap memecahkan masalah, pengelolaan peraturan dan kebijakan kelas memberikan sumbangsih sebesar 68,06% terhadap mengingat, dan sebesar 69,22% terhadap memecahkan masalah. Berdasarkan hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara manajemen kelas dengan perkembangan kognitif anak usia dini di Pos PAUD Catleya 62 Antirogo Jember dan bisa dikatakan tinggi. Saran diberikan oleh peneliti untuk pengelola Pos PAUD Catleya 62 Antirogo Jember, hendaknya meningkatkan kualitas pos PAUD terutama pada manajemen kelas yang menyangkut sarana dan prasarana, sehingga anak didik dapat mengembangkan kemampuannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKORELASI MANAJEMEN KELASen_US
dc.subjectPERKEMBANGAN ANAK USIA DINIen_US
dc.subjectPOS PAUD CATLEYAen_US
dc.subjectKELURAHAN ANTIROGOen_US
dc.subjectKECAMATAN SUMBERSARIen_US
dc.titleSTUDI KORELASI ANTARA MANAJEMEN KELAS DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POS PAUD CATLEYA 62 KELURAHAN ANTIROGO KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record