• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DISERTAI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KOKAMI MATA PELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ade Irma Kurnia Dwi Putri_erw.pdf (2.749Mb)
    Date
    2017-01-18
    Author
    Putri, Ade Irma Kurnia Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    pembelajaran IPA merupakan kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik untuk mendapat pengetahuan tentang gejala alam. Dengan menemukan fakta – fakta dan teori – teori yang dapat berpengaruh positif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, guru hanya memberi tangga yang membantu siswa untuk mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Guru juga harus membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan lebih luas. Pembelajaran IPA diharapkan dapat memberikan keterampilan, pemahaman, kemampuan sikap ilmiah, kebiasaan dan apresiasi dalam mencari jawaban dalam suatu permasalahan. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP/MTS, maka sesuai dengan tahap perkembangan siswa tingkat SMP/MTS pembelajaran akan lebih baik apabila siswa dihadapkan dengan hal-hal yang bersifat menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif dalam mempelajari IPA dan menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan salah satunya dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick disertai Metode Demonstrasi Berbantuan Media KOKAMI. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI dengan pembelajaran yang diterapkan di sekolah, (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI, (3) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Talking Stick dengan metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive sampling area yang dilaksanakan di SMPN 11 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, angket dan tes. Desain penelitian yang digunakan adalah Design Randomized subjects Post Test Only Control Group. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Mann Whitney U dengan bantuan software SPSS 16. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dari analisis hasil belajar siswa menggunakan Mann Whitney U dengan Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran talking stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI dengan model pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah. Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari observasi sebesar 85,55% dengan kriteria sangat aktif. Data motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengisian angket sebesar 76,7% dengan kriteria termotivasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Talking Stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI dengan pembelajaran yang diterapkan di sekolah, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI tergolong sangat aktif. Hal ini berdasarkan rata-rata nilai indikator aktivitas sebesar 85,55% dengan kriteria sangat aktif, (3) Motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick disertai metode demonstrasi berbantuan media KOKAMI tergolong dalam kriteria termotivasi. Hal ini berdasarkan rata – rata nilai indikator motivasi sebesar 76,7% dengan kriteria termotivasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78844
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository