PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN BRAWIJAYA (MANGLI-TAWANGALUN) KABUPATEN JEMBER
Abstract
Jalan Brawijaya merupakan jalan kolektor primer di Jember yang berstatus jalan
nasional. Lokasi penelitian ini mempunyai panjang ± 2.660 km. Lebar jalan
Brawijaya adalah 9,8 m, yang terdiri dari 2 lajur 2 arah. Volume lalu lintas Jalan
Brawijaya per jam pada jam puncak (v) yang di dapat dari Dinas Perhubungan
Kabupaten Jember pada tahun 2016 sebesar 2550 smp/jam, kapasitas sebesar ±
2775 smp/jam, sehingga v/c sebesar 0,93 dan tingkat pelayanan berada di Level E.
Menurut Peraturan Menteri Pehubungan RI No.96 tahun 2015 tentang pedoman
pelaksanaan kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas, jalan kolektor primer
sekurang-kurangnya memiliki tingkat pelayanan pada level B. Berdasarkan data
tersebut, maka pada saat ini tingkat pelayanan Jalan Brawijaya tidak memenuhi
syarat. Penelitian untuk merencanakan peningkatan Jalan Brawijaya Mangli-
Tawang Alun Kabupaten Jember yang memenuhi mutu pelayanan transportasi
menurut PM Perhubungan RI No.96 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan
kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas dengan umur rencana untuk tingkat
pelayanan adalah 10 tahun (2018-2027) dan tebal perkerasan lentur 20 tahun
(2018-2037) yang mengacu pada peraturan-peraturan. Peraturan Menteri
Pehubungan RI No.96 tahun 2015 dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997
digunakan untuk merencanakan tingkat pelayanan. Standard Perencanaan
Geometrik untuk Jalan Perkotaan tahun 1992 digunakan untuk merencanakan
geometrik jalan raya. Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn) tahun 2005
digunakan untuk merencankan putar balik. Pedoman Perencanaan Median Jalan
tahun 2004 digunakan untuk merencanakan median jalan. Manual Desain
Pekerjaan Jalan tahun 2013 digunakan untuk merencanakan perkerasan jalan
raya.. Metode pelaksanaan penelitian ini adalah melakukan survei (survei volume
lalu lintas selama 15 jam, survei komposisi kendaraan selama 24 jam, survei CBR
menggunakan alat DCP, survei pemetaan menggunakan alat Total Station) dan
analisa data (data LHR, data CBR, tingkat pelayanan, perekerasan lentur).
Peningkatan jalan ini dapat memberi manfaat dalam pemberian rekomendasi
peningkatan Jalan Brawijaya Mangli-Tawang Alun Kabupaten Jember kepada
Dirjen Bina Marga agar tercapai jaringan jalan yang berkeselamatan dan bermutu
baik bagi pengguna jalan. Hasil perencanaan meliputi tingkat pelayanan,
perkerasan lentur, geometrik, median dan putar balik. Adapun hasil dari
perencanaan peningkatan jalan brawijaya (mangli – tawangalun) untuk sebagai
berikut: Perencanaan tigkat pelayanan jalan direncanakan jalan 6 lajur 2 arah
terbagi sampai pada akhir tahun rencana, yaitu tahun 2027. Perencanaan tebal
perkerasan lentur tebal laston (D1) 21 cm, tebal batu pecah kelas A (D2) 26 cm,
tebal sirtu kelas A (D3) 16 cm. Perencanaan geometrik jalan lebar jalur 2(3 x 3m),
lebar median 2 m, lebar trotoar 1 m, tipe jalan 6/2 D. Perencanaan median dan
putar balik lebar median 2 m, jarak bukaan 21 m, jarak antar bukaan 1 km. Hasil
perencanaan tersebut disajikan dalam bentk gambar.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]