PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMUNIKASI, DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMP NEGERI 4 JEMBER
Abstract
SMP Negeri 4 Jember, berasal dari Sekolah Menengah Ekonomi
Pertama (SMEP) Negeri Jember yang berdiri pada tanggal 1 September 1950,
berdasarkan Keputusan Menteri P dan K tanggal 20 September 1950 No :
8094/P/1950. Dalam rangka persiapan Integrasi SMEP menjadi SMP, maka mulai
tahun ajaran 1977 SMEP Negeri Jember diperintahkan oleh Kanwil Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur untuk menerima siswa kelas 1
baru bagi SMP dan berlaku kurikulum SMP dibawah Pembinaan Bidang
Pendidikan Menengah Umum (Dikmenum) sedangkan yang kelas 2 dan 3 masih
menggunakan SMEP dibawah Pembinaan Bidang Pendidikan Menengah
Kejuruan (Dikmenjur). Kemudian pada tahun ajaran 1979 SMEP Negeri Jember
resmi di Integrasikan menjadi SMP Negeri 4 Jember dengan Surat Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 17 Pebruari
1979 Nomor : 030/U/1979.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru tetap yang ada di SMP
Negeri 4 Jember yang berjumlah 32 guru tetap. Sedangkan teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu teknik penentuan
sampel apabila seluruh populasi digunakan untuk penelitian.
Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kepemimpinan
transformasional, komunikasi, dan pemberian kompensasi sebagai variabel bebas,
dan prestasi kerja sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan explanatory
research yaitu pengujian yang didasarkan pada kajian teoritis dan empiris.Metode
analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional
berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri 4 Jember,
viii
komunikasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri 4
Jember, pemberian kompensasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja
guru SMP Negeri 4 Jember, dan kepemimpinan transformasional, komunikasi,
pemberian kompensasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
prestasi kerja guru SMP Negeri 4 Jember.