Show simple item record

dc.contributor.advisorSubchan, Wachju
dc.contributor.advisorMurdiyah, Siti
dc.contributor.authorMuttawakillah, Adha Qiftiyatul
dc.date.accessioned2017-01-18T00:38:58Z
dc.date.available2017-01-18T00:38:58Z
dc.date.issued2017-01-18
dc.identifier.nimNIM120210103020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78756
dc.description.abstractTemuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas X-3 SMA Negeri 1 Cluring Banyuwangi nilai siswa pada mata pelajaran biologi terdapat 73% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran berpusat pada guru. Rendahnya kualitas pembelajaran salah satunya disebabkan oleh pembelajaran berpusat guru serta kurang memberikan kesempatan kepada siswa terlibat dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran tidak membiasakan siswa untuk berani bertanya untuk hal yang belum dipahami. Padahal bertanya merupakan hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran supaya siswa mendapat penjelasan mengenai apa yang belum dipahami, pada saat prasiklus hanya 5,7% siswa yang mengajukan pertanyaan. Melihat permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan supaya masalah pembelajaran dapat diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X 3 SMA Negeri 1 Cluring. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya ix sampai terjadi peningkatan yang diharapkan tercapai. Terdapat dua siklus pada penelitian ini, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk tes akhir siklus. Jika pada siklus I hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran siklus II yang diterapkan sama dengan siklus sebelumnya namun sudah dilakukan perbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan bertanya dalam pembelajaran biologi melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. . Peningkatan kemampuan bertanya dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 73,61. Peningkatan kemampuan bertanya dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 3,12 dari yang awalnya 77,9 menjadi 81,02. Peningkatan kemampuan bertanya dari prasiklus ke siklus 2 sebesar 76,73. Hasil belajar siswa siswa kelas X 3 juga mengalami peningkatan terlihat dari rata-rata klasikal hasil belajar afektif pada siklus 1 sebesar 84,45 yang termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89,45 yang termasuk kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar kognitif terlihat dari rerata kelas dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 5,15 dan ketuntasannya naik 34,1%. Peningkatan rerata kelas dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 3,39 dan ketuntasannya naik 16,6%. Peningkatan terbesar terjadi dari prasiklus ke siklus 2 yakni sebesar 8,1 dan ketuntasannya naik 50,7%. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas X 3 SMA Negeri 1 Cluring Tahun Pelajaran 2015/2016 meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar biologi siswa kelas Xen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210103020;
dc.subjectStrategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X.3 SMA NEGERI 1 CLURING BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record