Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-FISIKA pada Siswa Kelas VIII C SMP NEGERI 7 JEMBER Tahun Ajaran 2014/2015 Dengan Model Inkuiri Melalui Teknik Pictorial Riddle
Abstract
Fisika merupakan ilmu yang sistematis dan menyatu. Sistematis karena produk yang satu berkaitan dengan produk yang lain, dan menyatu karena produk satu dengan lainnya dapat saling menunjang (Sutarto dan Indrawati, 2010:2-3). Tujuan mata pelajaran fisika menurut badan standar nasional pendidikan (2006: 160) adalah mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan hipotesis melalui percobaan, menguasai konsep fisika, keterampilan mengembangkan pengetahuan, percaya diri serta memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan yang bertempat di SMP Negeri 7 Jember kelas VIII, ditemukan bahwa terdapat satu kelas yang bermasalah yaitu kelas VIII C. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Hal ini membuat siswa cenderung mendengar, membaca LKS, hafalan rumus dan mengerjakan tugas saja sehingga membuat siswa merasa bosan. Berdasarkan analisis data observasi diperoleh data untuk aktivitas belajar siswa sebagai berikut: memperhatikan penjelasan guru (29 siswa), mencatat materi (22 siswa), berdiskusi (22 siswa), bertanya (3 siswa). mengerjakan soal (21 siswa). Demikian pula dengan hasil belajar kognitif fisika yang diperoleh dari nilai siswa pada ujian tengah semester genap menunjukkan bahwa dari 42 siswa hanya 4 siswa yang mendapat nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥ 75. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas yaitu dengan memberikan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C di SMP Negeri 7 Jember yaitu dengan menggunakan Teknik Pictorial Riddle. Teknik pictorial riddle adalah suatu teknik untuk mengembangkan motivasi dan minat di dalam diskusi kelompok kecil maupun besar melalui penyajian masalah dalam bentuk gambar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan teknik pembelajaran Pictorial Riddle di kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII C di SMP Negeri 7 Jember dengan jumlah siswa 42 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Siklus Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar fisika siswa dari kegiatan pra siklus hingga kegiatan siklus 2 telah mengalami peningkatan. Perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 27,43% dengan kategori kurang aktif, namun skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 71,29% dengan kategori cukup aktif, dan perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 78,7% dengan kategori aktif. Perolehan hasil belajar N-gain pada siklus I sebesar 0,41 dengan kategori sedang, dan pada siklus II sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember menggunakan model pembelajaran inkuiri melalui teknik pictorial riddle mengalami peningkatan.