Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember (Studi Kasus Pada Mahasiswa Baru Jurusan Manajemen Angkatan 2012)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Mahasiswa Memilih Studi di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Jember (Studi Kasus Pada Mahasiswa Baru Jurusan Manajemen
Angkatan 2012)”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan mahasiswa
memilih studi di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember serta
mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Jurusan Manajemen
angkatan 2012. Metode sampling yang digunakan adalah proportional random
sampling dengan jumlah responden sebanyak 88 orang. Variabel yang digunakan
yaitu sebanyak 25 variabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor
dan analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari 23 variabel yang
diteliti, dihasilkan 5 faktor baru yang terbentuk, yaitu faktor persepsi produk dan
biaya, faktor akademis, faktor bukti fisik, faktor proses, dan faktor penunjang.